BUSINESS PLAN
KEWIRAUSAHAAN
Dosen: Wahyu fikrinda, SP. M.Si
SEMESTER GANJIL 2016/2017
Disusun Oleh
NURUL SHOLEHUDDIN
ALEXANDER YOGA
DEO ARI ANGGARA
GEORGE FREDIK
ARSON
PRIMUS ADRIANUS LEDA
PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
JAWA TIMUR
2016
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pisang sale adalah makanan
hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Pisang sale ini
bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu,
saat ini Pisang salemempunyai berbagai macam rasa.
Dalam
pembuatan sale pisang, hal utama yang harus diperhatikan adalah proses
penjemurannya. Karena, pisang harus benar benar kering dan tidak mengandung air
bila ingin dijadikan sale pisang. Jika pisang masih mengandung air, akan
terjadi pembusukan dan membuat sale berbau tidak sedap. Pisang yang digunakan
dalam pembuatan Pisang saleharus pisang yang mudah busuk seperti pisang emas,
pisang ambon, dan juga pisang raja. Karena, jika sulit membusuk, waktu yang
dibutuhkan haus lebih lama dalam proses pembuatannya.
Dengan beberapa kajian yang kami uji maka kami mempunyai
sebuah inesiatif bagaimana pisang sale yang awalnya manis kami mengubahnya
dengan pedas da nada kriuk-kriuk yang menempel dilildah agar para konsumen
ketagihan ketika mengonsumsinya
1.2 PROFIL PERSUHAAN
·
Nama
perusahaan : Diamond Agriculture
·
Pemilik : Swasta
1.3 MANAJAMEN TIM
Nama
|
Jabatan
|
Spesialis
|
NURUL SHOLEHUDDIN
|
Direktur
|
Memiliki kemampuan management dan relasi yang luas.
|
ALEXANDER YOGA (Co)
Deo Ari Anggara (Anggota)
|
Manajer Produksi
|
Memiliki kamampuan menciptakan dan memformulakan variasi
kue kering yang sehat dan bergizi.
|
ASWAN MAULANA (Co)
George fredik (Anggota)
Arson (Anggota)
Primus Adrianus L (Anggota)
|
Manajer Pemasaran
|
Memiliki keahlian dalam sistem memasarkan atau menjual
suatu produk
|
Alasan kami membangun usaha produk pisang petir ini, karena
mau membuat suatu inovasi terbaru dari produk dari pisang sale sebelumnya,.
Produk fast food kami juga memiliki kadar kolesterol yang rendah sehingga cocok
dikonsumsi untuk yang ingin berdiet. Produk pisang petir kami juga mempunyai
rasa yang berbeda dari biasanya, yang tidak akan membuat konsumen jenuh
untuk mengkonsumsinya.
1.4 VISI DAN MISI
Visi
perusahaan
1. Murah tapi bermutu
2. Menjadi tren makanan terbaru dan
terfavorit
Misi
perusahaan
1. Satu kali makan pantang untuk tidak
makan lagi
2. Mensajikan produk yang halal dan
terjamin kesehatannya
3. Sebagai produk yang disukai semua
kalangan masyarakat
BAB II
ISI
2.1 RANGKUMAN EKSEKUTIF
Pisang petir adalah sebuah produsen
makanan yang baru berdiri. Produk makanan yang ditawarkan oleh pisang sale sangat
berbeda dengan produk makanan yang umumnya ada dipasar, karena produk PISANG
PETIR menggunakan sebuah perpaduan inovasi antara pisang dengan cabe. Sehingga
rasanya tidak hanya sebuah pisang biasa saja melainkan akan ada sensasi pedas.
Akan tetapi meskipun ditambahkan sensasi pedas, khasiat dari pisang tidak akan
berkurang,karena perusahaan DIAMOND AGRICULTURE menggunakan perhitungan yang
sangat detail mengenai perpaduan antara pisang dengan cabe. Sehingga produknya
tersebut memilki komposisi yang tepat antara tingkat khasiat yang
ditawarkan.
2.2 ANALISIS SITUASI
Situasi yang masih belum cukup
popular dan perkembangannya masih memrlukan tahap demi tahap agar perjalannya
semakin lebih baik, namun kami tettap menjalankan usaha dengan tata manjerial
ruang yang tepat sasaran supaya produk olahan kami semakin melebihi sempurna.
2.3 ANALISIS INDUSTRI
Dalam proses pembuatan pisang petir
pasti memerlukan berbagai macam bahan baku. Disini Perusahaan Diamond
Agriculture ini melihat suatu pulang dengan pertumbuhan industri yang semakin
banyak di Indonesia,tentunya akan mengakibatkan tersedianya bahan baku yang
segar. Caranya adalah dengan mengadakan suatu kerjasama dengan pemilik bahan
baku,sehingga nantinya perusahaan yang kami dirikan tidak perlu mencari tempat
tersedianya bahan baku yang murah dan berkualitas.
2.4 ANALISIS PENJUALAN
Diamond Agriculture merasa bahwa
angka-angka peramalan penjualan akan terus meningkatkan penjualan dengan
tujuan untuk memperluas daerah pemasaran .Meskipun peramalan pasar sasaran
menyebutkan semua pelanggan dibagi menjadi kelompok yang terpisah, peramalan
penjualan mengelompokkan pelanggan/konsumen menjadi dua kategori : Yang telah
memiliki penghasilan tetap dan Yang belum memiliki penghasilan tetap. Dengan
mengurangi jumlah kategori, pembaca dapat dengan cepat mencerna informasi.
2.5 ANALISIS PESAING
Diamond Agriculture membentuk
pasarnya sendiri. Untuk para pesaing masih lumayan banyak namun hal itu tidak
menggentarkan usaha kami karena ciptaan yang kami buat itulah hasil karya yang
tetap dibanggakan, usaha kami masih dibawah rata-rata namun perjalanan tetap
dijlankan agar para pesaing kalah dengan produk yang kami pasarkan
2.6 ANALISIS PELANGGAN
Usia 15-30 tahun, dengan 48% kelompok berusia sekitar
15-17 tahun. Konsumen siswa smp-sma cenderung lebih luas,karena golongan
usia tersebut sedang masanya gemar mengkonsumsi. Konsumen mahasiswa cenderung
berusia 20-24 tahun. Konsumen eksekutif muda cenderung berusia 24-30 tahunan
awal. Konsumen aktivis cenderung berusia 27-31 tahunan awal. Konsumen komunitas
street dancing,parkour dan komunitas skate cenderung berusia antara 15-20
tahunan awal.
Dengan demikian sangatlah memungkinkan Diamond Agriculture
memasuki area segmen pasar tersebut,karena melihat prospek keuntungan yang akan
diperoleh perusahaan apabila berhasil memasarkan produknya di area segmen
pasar tersebut.
2.7 ASUMSI PERENCANAAN
Sebagai bisnis yan baru berdiri, produk
pisang petir masih berada dalam tahap awal. Asumsi perencanaan bagi Diamond
Agriculture adalah untuk :
· Memantapkan dirinya sendiri sebagai usaha
makanan yang terkemuka
· Senantiasa mengamati kepuasan
konsumen.
2.8 TUJUAN MARKETING (TUJUAN PEMASARAN)
Penjualan kami yang dijalankan
adalah para mahasiswa UNITRI dan Para staf dosen dll sebagai tahap uji pemsaran
sebelum bertindak ke yang lebih luas nantinya kita melihat respon dari
masing-masing konsumsi bagus atau tidakkah olahan produk kami tersebut.
Tujuan pemasaran dari Diamond Agriculture yaitu, memasarkan
produk kepada masyarakat khususnya para kalangan muda. Diharapkan dengan
semakin banyaknya anak muda yang menggemari produk makanan yang
ditawarkan oleh kami dapat meningkatkan bauran pemasaran dan meningkatkan keuntungan
yang didapatkan oleh kami.
2.9. STRATEGI PEMASARAN ( STRATEGI
MARKETING )
Strategi Pemasaran yang digunakan
oleh Diamond Agriculture 4 P yaitu, Promotion. Sehingga produk yang ditawarkan
cepat dikenal oleh masyarakat. Tujuannya diharapkan agar memperoleh konsumen
yang sebanyak-banyaknya sehingga diharapkan mendapatkan laba
sebanyak-sebanyaknya.
2.10 PROGRAM PEMASARAN
Program-progam pemasaran yang
direncanakan oleh Diamond Agiculture yaitu :
·
Melakukan promosi produk kepada konsumen baik melalui media
cetak,brosur
2.11 DOKUMEN KEUANGAN
Berikut akan disajikan dokumen
keuangan penjualan dan anggran beban Diamond Agriculture:
Penjualan
Jumlah Produk
|
Harga Satuan
|
Tidak Terjual
|
Terjual
|
Hasil
|
24 Bungkus
|
Rp. 1,500.00
|
-
|
Semua
|
Rp 36.000.00
|
|
|
|
|
|
Total Biaya Masuk
|
Rp 36.000.00
|
Daftar
Biaya Pengeluaran
NOMOR
|
BAHAN BAKU
|
PENGGELUARAN
|
1.
|
Pisang
|
Rp15.000,00
|
2.
|
Cabe
|
Rp 5.000,00
|
3.
|
Tepung
|
Rp 5.000,00
|
4.
|
Minyak Goreng
|
Rp 5.000,00
|
Garam
|
Rp 1.000,00
|
|
|
Fiksin
|
Rp 1.000,00
|
|
|
|
Total Biaya Keluar
|
Rp 32.000.00
|
Total
keseluruhan yaitu dengan melihat tabel dibawah ini
Total Biaya Masuk
|
Rp 36.000.00
|
Total Biaya Keluar
|
Rp 32.000.00
|
Laba
|
Rp 4.000.00
|
2.12 TEKNIK PENGAWASAN ( KONTROL )
Tujuan
rencana pemasaran adalah bertindak sebagai produsen/pemasok. Bidang berikut
akan diamati untuk mengukur kinerja :
·
Pendapatan
·
Beban
·
Kepuasan Pelanggan/Konsumen
·
Pengembangan daerah pemasaran yang
baru
2.13 CONTINGENCY PLAN ( KETIKA GAGAL MEMBUAT PERENCAAN )
Apabila perencanaan yang dibuat oleh DIAMOND AGRICULTURE maka
tentunya akan dilakukan sebuah tindakan yaitu,
·
Melakukan
sebuah kerjasama dengan sesama teman
·
Menitipkan
produk tawarkan kepada warung-warung
·
Membuka
sebuah lowongan kepada mahasiswa untuk menjadi agen,sehingga diharapkan produk
yang di tawarkan dapat segera terjual.
BAB
3
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Diamond Agriculture menawarkan sebuah produk yang akan kaya
kandungan gizi dan maafnya. Karena pisang mengandung zat gizi yang membuat kita menjadi tidak terasa
lapar. Selain itu,
banyak manfaat mengkonsumsi
pisang, yakni
karbohidrat yang
dapat memberikan energi. Kelebihan lain dari pisang petir adalah makanan ini dapat
membuat kita merasa tidak lapar,itu disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang
ada di dalam pisang tinggi sehingga pencernaan akan baik itulah beberapa
kelebihan dari produk kami. Selain itu produk pisang petir sangat mudah sekali
untuk ditemukan tinggal pesan langsung ke perusahaan kami siap diantar.
Lampiran
Gambar
02: Produk Pisang Sale
|
Gambar
01: Survei Perusahaan
|
Gambar
04: Produk Sudah Jadi
|
Gambar 03: Tahap Pengolahan Pisang Petir
|
Gambar 05: Pembeli pertama di jalan
|
Gambar 06: Pembeli ke dua
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar