Selasa, 24 Oktober 2017

BUSINESS PLAN



BUSINESS PLAN
KEWIRAUSAHAAN
Dosen: Wahyu fikrinda, SP. M.Si
SEMESTER GANJIL 2016/2017














Disusun Oleh
NURUL SHOLEHUDDIN
ALEXANDER YOGA
DEO ARI ANGGARA
GEORGE FREDIK
ARSON
PRIMUS ADRIANUS LEDA
PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG JAWA TIMUR
2016

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Pisang sale adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini Pisang salemempunyai berbagai macam rasa.
            Dalam pembuatan sale pisang, hal utama yang harus diperhatikan adalah proses penjemurannya. Karena, pisang harus benar benar kering dan tidak mengandung air bila ingin dijadikan sale pisang. Jika pisang masih mengandung air, akan terjadi pembusukan dan membuat sale berbau tidak sedap. Pisang yang digunakan dalam pembuatan Pisang saleharus pisang yang mudah busuk seperti pisang emas, pisang ambon, dan juga pisang raja. Karena, jika sulit membusuk, waktu yang dibutuhkan haus lebih lama dalam proses pembuatannya.
Dengan beberapa kajian yang kami uji maka kami mempunyai sebuah inesiatif bagaimana pisang sale yang awalnya manis kami mengubahnya dengan pedas da nada kriuk-kriuk yang menempel dilildah agar para konsumen ketagihan ketika mengonsumsinya

1.2 PROFIL PERSUHAAN
·         Nama perusahaan  : Diamond Agriculture
·         Pemilik : Swasta







1.3 MANAJAMEN TIM
Nama
Jabatan
Spesialis
NURUL SHOLEHUDDIN
Direktur
Memiliki kemampuan management dan relasi yang luas.
ALEXANDER YOGA (Co)
Deo Ari Anggara (Anggota)
Manajer Produksi
Memiliki kamampuan menciptakan dan memformulakan variasi kue kering yang sehat dan bergizi.






ASWAN MAULANA (Co)
George fredik (Anggota)
Arson (Anggota)
Primus Adrianus L (Anggota)
Manajer Pemasaran
Memiliki keahlian dalam sistem memasarkan atau menjual suatu produk







Alasan kami membangun usaha produk pisang petir ini, karena mau membuat suatu inovasi terbaru dari produk dari pisang sale sebelumnya,. Produk fast food kami juga memiliki kadar kolesterol yang rendah sehingga cocok dikonsumsi untuk yang ingin berdiet. Produk pisang petir kami juga mempunyai  rasa yang berbeda dari biasanya, yang tidak akan membuat konsumen jenuh untuk mengkonsumsinya.

1.4 VISI DAN MISI
Visi perusahaan
1.      Murah tapi bermutu
2.      Menjadi tren makanan terbaru dan terfavorit

Misi perusahaan
1.       Satu kali makan pantang untuk tidak makan lagi
2.       Mensajikan produk yang halal dan terjamin kesehatannya
3.       Sebagai produk yang disukai semua kalangan masyarakat


BAB II
ISI
2.1  RANGKUMAN EKSEKUTIF
Pisang petir adalah sebuah produsen makanan yang baru berdiri. Produk makanan yang ditawarkan oleh pisang sale sangat berbeda dengan produk makanan yang umumnya ada dipasar, karena produk PISANG PETIR menggunakan sebuah perpaduan inovasi antara pisang dengan cabe. Sehingga rasanya tidak hanya sebuah pisang biasa saja melainkan akan ada sensasi pedas. Akan tetapi meskipun ditambahkan sensasi pedas, khasiat dari pisang tidak akan berkurang,karena perusahaan DIAMOND AGRICULTURE menggunakan perhitungan yang sangat detail mengenai perpaduan antara pisang dengan cabe. Sehingga produknya tersebut memilki komposisi yang tepat antara tingkat khasiat  yang ditawarkan.

2.2  ANALISIS SITUASI
Situasi yang masih belum cukup popular dan perkembangannya masih memrlukan tahap demi tahap agar perjalannya semakin lebih baik, namun kami tettap menjalankan usaha dengan tata manjerial ruang yang tepat sasaran supaya produk olahan kami semakin melebihi sempurna.

2.3  ANALISIS INDUSTRI
Dalam proses pembuatan pisang petir pasti memerlukan berbagai macam bahan baku. Disini Perusahaan Diamond Agriculture ini melihat suatu pulang dengan pertumbuhan industri yang semakin banyak di Indonesia,tentunya akan mengakibatkan tersedianya bahan baku yang segar. Caranya adalah dengan mengadakan suatu kerjasama dengan pemilik bahan baku,sehingga nantinya perusahaan yang kami dirikan tidak perlu mencari tempat tersedianya bahan baku yang murah dan berkualitas.



2.4  ANALISIS PENJUALAN
Diamond Agriculture merasa bahwa angka-angka peramalan penjualan  akan terus meningkatkan penjualan dengan tujuan untuk memperluas daerah pemasaran .Meskipun peramalan pasar sasaran menyebutkan semua pelanggan dibagi menjadi kelompok yang terpisah, peramalan penjualan mengelompokkan pelanggan/konsumen menjadi dua kategori : Yang telah memiliki penghasilan tetap dan Yang belum memiliki penghasilan tetap. Dengan mengurangi jumlah kategori, pembaca dapat dengan cepat mencerna informasi.

2.5  ANALISIS PESAING
Diamond Agriculture membentuk pasarnya sendiri. Untuk para pesaing masih lumayan banyak namun hal itu tidak menggentarkan usaha kami karena ciptaan yang kami buat itulah hasil karya yang tetap dibanggakan, usaha kami masih dibawah rata-rata namun perjalanan tetap dijlankan agar para pesaing kalah dengan produk yang kami pasarkan

2.6 ANALISIS PELANGGAN
Usia 15-30 tahun, dengan 48% kelompok berusia sekitar 15-17  tahun. Konsumen siswa smp-sma cenderung lebih luas,karena golongan usia tersebut sedang masanya gemar mengkonsumsi. Konsumen mahasiswa cenderung berusia 20-24 tahun. Konsumen eksekutif muda cenderung berusia 24-30 tahunan awal. Konsumen aktivis cenderung berusia 27-31 tahunan awal. Konsumen komunitas street dancing,parkour dan komunitas skate cenderung berusia antara 15-20 tahunan awal.
Dengan demikian sangatlah memungkinkan Diamond Agriculture memasuki area segmen pasar tersebut,karena melihat prospek keuntungan yang akan diperoleh perusahaan apabila berhasil memasarkan produknya di  area segmen pasar tersebut.



2.7    ASUMSI PERENCANAAN
Sebagai bisnis yan baru berdiri, produk pisang petir masih berada dalam tahap awal. Asumsi perencanaan bagi Diamond Agriculture adalah untuk :
·         Memantapkan dirinya sendiri sebagai usaha makanan yang terkemuka
·         Senantiasa mengamati kepuasan konsumen.

2.8     TUJUAN MARKETING (TUJUAN PEMASARAN)
            Penjualan kami yang dijalankan adalah para mahasiswa UNITRI dan Para staf dosen dll sebagai tahap uji pemsaran sebelum bertindak ke yang lebih luas nantinya kita melihat respon dari masing-masing konsumsi bagus atau tidakkah olahan produk kami tersebut.
Tujuan pemasaran dari Diamond Agriculture yaitu, memasarkan produk kepada masyarakat khususnya para kalangan muda. Diharapkan dengan semakin banyaknya  anak muda yang menggemari produk makanan yang ditawarkan oleh kami dapat meningkatkan bauran pemasaran dan meningkatkan keuntungan yang didapatkan oleh kami.

2.9.  STRATEGI PEMASARAN ( STRATEGI MARKETING )
Strategi Pemasaran yang digunakan oleh Diamond Agriculture 4 P yaitu, Promotion. Sehingga produk yang ditawarkan cepat dikenal oleh masyarakat. Tujuannya diharapkan agar memperoleh konsumen yang sebanyak-banyaknya sehingga diharapkan mendapatkan laba sebanyak-sebanyaknya.

2.10  PROGRAM PEMASARAN
Program-progam pemasaran yang direncanakan oleh Diamond Agiculture yaitu :
·         Melakukan promosi produk kepada konsumen baik melalui media cetak,brosur



2.11     DOKUMEN KEUANGAN
Berikut akan disajikan dokumen keuangan penjualan dan anggran beban Diamond Agriculture:
Penjualan
Jumlah Produk
Harga Satuan
Tidak Terjual
Terjual
Hasil
24 Bungkus
Rp. 1,500.00
-
Semua
Rp 36.000.00





Total Biaya Masuk
Rp 36.000.00

Daftar Biaya Pengeluaran
NOMOR
BAHAN BAKU
PENGGELUARAN
1.        
Pisang
Rp15.000,00
2.        
Cabe
Rp  5.000,00
3.        
Tepung
Rp  5.000,00
4.        
Minyak Goreng
Rp  5.000,00

Garam
Rp  1.000,00

Fiksin
Rp  1.000,00



Total Biaya Keluar
Rp 32.000.00

Total keseluruhan yaitu dengan melihat tabel dibawah ini
Total Biaya Masuk
Rp 36.000.00
Total Biaya Keluar
Rp 32.000.00
Laba
Rp   4.000.00






2.12  TEKNIK PENGAWASAN ( KONTROL )
Tujuan rencana pemasaran adalah bertindak sebagai produsen/pemasok. Bidang berikut akan diamati untuk mengukur kinerja :
·         Pendapatan
·         Beban
·         Kepuasan Pelanggan/Konsumen
·         Pengembangan daerah pemasaran yang baru

2.13 CONTINGENCY PLAN ( KETIKA GAGAL MEMBUAT PERENCAAN )
Apabila perencanaan yang dibuat oleh DIAMOND AGRICULTURE maka tentunya akan dilakukan sebuah tindakan yaitu,
·         Melakukan sebuah kerjasama dengan sesama teman
·         Menitipkan produk tawarkan kepada warung-warung
·         Membuka sebuah lowongan kepada mahasiswa untuk menjadi agen,sehingga diharapkan produk yang di tawarkan dapat segera terjual.














BAB 3
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Diamond Agriculture menawarkan sebuah produk yang akan kaya kandungan gizi dan maafnya. Karena pisang mengandung zat gizi yang membuat kita menjadi tidak terasa lapar. Selain itu, banyak manfaat mengkonsumsi pisang, yakni karbohidrat yang dapat memberikan energi. Kelebihan lain dari pisang petir adalah makanan ini dapat membuat kita merasa tidak lapar,itu disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang ada di dalam pisang tinggi sehingga pencernaan akan baik itulah beberapa kelebihan dari produk kami. Selain itu produk pisang petir sangat mudah sekali untuk ditemukan tinggal pesan langsung ke perusahaan kami siap diantar.








Lampiran
 





Gambar 02: Produk Pisang Sale
Gambar 01: Survei Perusahaan


Gambar 04: Produk Sudah Jadi





Gambar 03: Tahap Pengolahan Pisang Petir


Gambar 05: Pembeli pertama di jalan
Gambar 06: Pembeli ke dua

Tidak ada komentar: