Selasa, 24 Oktober 2017

Membuat media persemaian kangkung berbentuk tray



Membuat media persemaian kangkung berbentuk tray
Description: E:\media-persemaiammmn.jpgCampurkan tanah bagian atas (top soil) dengan pupuk organik (pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang) komposisinya 1:1. Untuk persemaian tray,  masukkan campuran media tanam tersebut kedalam tray, padatkan secukupnya agar media bisa mencengkrap tanaman. Tray sudah siap untuk media tanam. Untuk persemaian polybag, campurkan media tanam yang telah dibuat dengan arang sekam dengan komposisi 1:1. Ambil polybag dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran bibit tanaman. Media persemaian polybag siap untuk ditanami. Untuk persemaian cetak, siram campuran media tanam yang telah dibuat tersebut dengan air secukupnya. Air berfungsi untuk menyolidkan campuran agar mudah dibentuk dan tidak ambrol. Kemudian gunakan cetakan untuk membentuk adonan menjadi bentuk kotak-kotak kecil. Lubangi bagian atas kotak-kotak tersebut sedalam 1-2 cm untuk memasukkan benih. Media persemaian siap ditanami.
Membuat media persemaian kangkung berbentuk bedengan
Description: E:\penyemaian-kangkung-tebar-320x199.jpgCampurkan tanah bagian atas (top soil) dengan pupuk organik dengan komposisi 1:1. Kemudian bentuk bedengan dan letakan campuran tadi diatas permukaan bedengan. Ketebalan campuran hendaknya 5-7 cm, ketebalan ini optimal untuk tanaman yang baru tumbuh. Sira  m bedengan dengan air secukupnya dan tebarkan benih di atas bedengan tersebut. Buat tiang penyangga atau bambu yang dilengkungkan, kemudian tutup bedengan dengan paranet. Penutup bedengan bisa dibuat permanen dengan paranet, atau dibuat dengan sistem tutup buka dengan plastik bening. Sistem tutup buka berguna pada musim hujan agar tanaman tidak terkena kucuran air hujan secara langsung. Benih yang cocok disemaikan di persemaian tipe bedengan adalah sayuran daun bersiklus pendek seperti sawi, caisim, pakchoi, dll.
Description: E:\kangkung1.jpgMembuat media persemaian kangkung berbentuk  Pot/Polybag
Pot/Polybag di isi campuran tanah humus dan pupuk kompos secukupnya(sisakan sedikit pupuk komposnya). Tanam biji kangkung di tengah Pot/Polybag 3 biji, Dalam satu  pot buat 3 titik lubang jadi didalam satu Pot/Polybag terdapat 9 biji kangkung. Kemudian beri pupuk kompos diatasnya. Siram tanaman dengan air secukupnya.

Tidak ada komentar: